Sistem Blog Edukasi Teknik Industri

Pengantar :

Sejak semester ganjil 2009 – 2010 mulai dikembangkan Sistem Blog Edukasi Teknik Industri (Sibe – TI), tujuannya ialah memanfaatkan teknologi web blog untuk kegiatan berlajar-mengajar, atau perkuliahan. Dengan demikian setiap mahasiswa memposting tugasnya di blog masing-masing. Sampai dengan akhir Juli 2012 jumlah blog mahasiswa Teknik Industri sudah mencapai 261 dengan jumlah halaman elektronik 58.302. Namun sejak semester ganjil 2012 – 2013 keseluruhan blog dinonaktifkan. Terhitung mulai semester ganjil 2013 – 2014 Sibe-TI akan diaktifkan kembali dengan alamat blog baru di http://blog.teknikindustri.ft.mercubuana.ac.id.

 

Kajian Pengaruh Sistem Blog Edukasi Terhadap Webometrics UMB

Meskipun hanya berbasis web,  webometrics sebenarnya berupaya untuk memanfaatkan website sebagai media promosi untuk mencerminkan secara keseluruhan tentang institusi itu sendiri. Adalah sebuah Cybermetrics Lab. di Spanyol yang secara rutin merilis hasil perangkingan menggunakan sistem ini. Universitas Mercu Buana (UMB) sendiri secara aktif ikut berpartisipasi dalam Webometrics dengan hasil yang berfluktuasi. Pada Juli 2009 menempati peringkat 18, Januari 2010 melorot ke peringkat 24, Juli 2010 turun lagi menjadi peringkat 31, Januari 2011 naik lagi ke peringkat 22, Juli 2011 menempati peringkat 20, dan Juli 2012 Peringkat 15 di Indonesia.

Domain web http://www.mercubuana.ac.id memiliki banyak sub-domain, salah satu di antaranya http://blog.mercubuana.ac.id. Dari sekian banyak blog, 261 di antaranya merupakan blog dalam jaringan SIBE-TI (http://industriXXnnn.blog.mercubuana.ac.id).  Setiap blog memberikan kontribusi terhadap peringkat Webometrics UMB. Studi ini berupaya melakukan pengukuran katagori Presence setiap blog dalam jaringan SIBE-TI dan kontribusinya terhadap Presence subdomain blog.mercubuana.ac.id dan domain mercubuana.ac.id. Selain itu, hasil studi ini dapat dijadikan acuan dalam pengembangan  SIBE untuk Prodi lain yang ada di UMB. Jika semua Prodi aktif mengembangkan SIBE  maka peringkat Webometrics UMB bisa lebih baik lagi.

Mulai Juli 2012 pemeringkatan situs web perguruan tinggi oleh Webometrics menggunakan metodologi baru, dengan parameter Presence (20 persen); Impact (50 persen); Oppeness (15 persen) dan Excelence (15 persen). Pada metodologi sebelumnya Presence identic dengan Size, yaitu jumlah halaman web. Nilai Presence domain mercubuana.ac.id mencapai 1.380.000, sedangkan subdomain blog.mercubuana.ac.id mencapai 617.000. Dengan demikian 44,7 persen nilai Presence situs web UMB bersumber dari subdomain blog.

Web Blog mahasiswa Teknik Industri yang tergabung dalam SIBE – TI mencapai 261, dengan jumlah halaman keseluruhan mencapai 58.302. Sehingga setiap mahasiswa Teknik Industri memberikan kontribusi sebanyak 223 halaman web. Dengan kisaran antara 1 –  2.840 halaman web.

Kontribusi web blog SIBE – TI terhadap parameter Presence situs web UMB mencapai 4,95 persen, sedangkan terhadap subdomain blog UMB mencapai 9,45 persen.

Untuk memperbaiki peringkat Webometrics UMB ada baiknya Program Sistem Blog Edukasi Teknik Industri (SIBETI) diangkat menjadi program universitas yang diterapkan untuk semua program studi. (Atep Afia Hidayat).

 

Kata Kunci : webometrics, peringkat web, sistem blog edukasi, situs web perguruan tinggi, sibeti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *