Kita Wajib Hemat Energi

Oleh : Renanda Ulfa (Mahasiswa Teknik Industri Universitas Mercu Buana, Jakarta).

Energi sesuatu yang mungkin sangat dibutuhkan didunia ini untuk mencukupi berbagai aspek kegiatan manusia. Namun, sebenarnya pemakaian energy yang sangat berlebihan juga tidak baik. Anda mengetahui system pengurangan energy 17-22 bukan?

Cara tersebut sepertinya kurang diperhatikan oleh masyarakat padahal jika kita mengindahkan cara tersebut makan selain pembayaran listrik yang murah kita juga bisa menghemat pemakaian energy yang cadangannya mulai berkurang.

Bagaimana langkah-langkah untuk menghemat energi ?:

Menggunakan lampu hemat energi misalnya lampu neon yang lebih bersifat hemat energi daripada lampu bohlam. Di siang hari dapat menggunakan penerang alami secara optimal.

Membentuk perilaku dan kebiasaan diri untuk menggunakan listrik saat diperlukan, secara bergantian, dan tidak berlebihan.

Mematikan televisi, keran air, komputer atau lampu jika sudah tidak digunakan.

Jika memungkinkan untuk mengeringkan pakaian secara alami di bawah sinar matahari.

Menggunakan alat rumah tangga atau kantor yang bersifat hemat energi dan ramah lingkungan, seperti pendingin ruangan dan kulkas dengan freon yang ramah lingkungan

Mengefisienkan pemakaian energi di tempat umum, seperti di pusat perbelanjaan, perkantoran, terminal, jalan raya, bandara, stasiun dan sebagainya.

Mendesain rumah atau gedung hemat energi, misalnya pencahayaan yang baik dengan cukup ventilasi, sehingga mengurangi penggunaan lampu di siang hari, mempergunakan bahan atap bangunan yang dapat mendinginkan suhu di dalam ruangan seperti atap berbahan tanah atau keramik, menaruh tanaman hias di dalam rumah untuk menyejukkan udara di dalam ruangan dan sebagainya.

Pemerintah meyediakan fasilitas kendaraan umum massal secara efektif dan efisien.

Pemerintah menyusun kebijakan dan memberikan penghargaan atau apresiasi positif atas segala upaya atau inovasi penghematan energi.

Mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang bersifat menghemat energi.

Memakai jenis pakaian yang nyaman dan sesuai kondisi cuaca dan suhu udara, sehingga mengurangi penggunaan energi untuk pendingin atau pemanas ruangan

Mengembangkan dan melakukan penelitian untuk energi alternatif, misalnya energi biodiesel.

Energi listrik dibangkitkan dengan berbagai cara. Misalnya, energi listrik dihasilkan dari pengubahan energi angin, air, matahari, gas alam, dan minyak bumi. Energi tersebut ada yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui.

Energi dapat diperbarui jika energi tersebut mudah diperoleh dan tidak dapat habis. Adapun energi yang tidak dapat diperbarui tidak mudah dihasilkan sehingga persediaannya terbatas. Energi angin, air, dan matahari termasuk energi yang dapat diperbarui. Adapun minyak bumi dan gas alam termasuk sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Untuk menghasilkan energi itu, alam membutuhkan waktu jutaan tahun. Dengan demikian, kita harus dapat menghemat energi.

Sudah mengetahuikah anda langkah-langkah menghemat energy dan manfaatnya? Itu mengapa kita harus dengan baik menjaga sumber daya alam. Semoga bermanfaat, terima kasih. (Renanda Ulfa)

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Penghematan_energi
http://www.crayonpedia.org/mw/Cara_Menghemat_Energi_3.2
http://www.artikellingkunganhidup.com/gambar/artikel+tentang+manfaat+menghemat+energi+listrik+bagi+kelestarian+lingkungan+hidup.htm
12 Langkah Sederhana Menghemat Energi
http://www.sman21surabaya.com/index.php/fitur/artikel?id=83

Sumber Gambar :
http://staffcentral.brighton.ac.uk/estateandfacilities/projects/summ-wrksprogramme-2011.html

Dipublikasikan juga melalui :

http://arsip.pantonashare.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *